5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Sendiri - AICE

aice.co.id – 5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Sendiri – Menjalankan usaha sendiri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kerja keras dan strategi yang tepat agar usaha tersebut bisa dikenal di kalangan luas hingga akhirnya memberikan keuntungan. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut lima di antaranya.

1/ Manfaatkan media sosial
Kemajuan teknologi memudahkan masyarakat untuk saling berkomunikasi meski tinggal saling berjauhan. Ini berkat adanya media sosial yang terus berkembang. Tidak hanya Twitter dan Facebook, ada juga Line dan Instagram. Melalui beragam media sosial ini, Anda pun dapat mengenalkan produk Anda kepada masyarakat luas.

2/ Pentingnya kekuatan branding
Sebagai pengusaha, Anda perlu menciptakan image yang positif di mata pelanggan. Artinya, Anda wajib menghasilkan produk yang berkualitas dan unik untuk memuaskan pelanggan sehingga mereka mau kembali menggunakan atau mengonsumsi produk usaha Anda. Melalui personal branding yang kuat, bukan tidak mungkin usaha Anda mendapatkan penghargaan nantinya.

Anda bisa melihat contohnya pada AICE. Sebagai merek produsen es krim, berdasarkan survei Richmark, AICE berhasil difavoritkan oleh masyarakat yang berbuah pada diterimanya penghargaan Excellent Brand Award 2017. Pada penghargaan ini, AICE berhasil mendapatkan predikat nilai tertinggi untuk kategori es krim. Tanpa kepuasan konsumen terhadap suatu produk, penghargaan ini akan sulit didapatkan.

5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Sendiri - aice

3/ Pastikan keamanan produk untuk Anda & keluarga
Apa pun jenis produk yang Anda jual, terutama makanan dan minuman, pastikan produk tersebut aman digunakan dan dikonsumsi oleh masyarakat. Sertifikasi Halal dari LPPOM MUI dan lulus uji BPOM menjadi sebuah syarat agar produk Anda layak dikonsumsi dan digunakan.

AICE telah mengantongi kedua syarat di atas, termasuk mendapatkan Jaminan Keamanan Pangan Sistem HACCP. AICE memastikan produknya berkualitas, sehingga aman dikonsumsi oleh siapapun. Penting pula memiliki produk unggulan yang terjamin kualitasnya. AICE Manggo Slush Low-Fat misalnya, menjadi varian yang mencuri perhatian. Es krim rasa mangga ini memiliki kandungan rendah lemak yang difavoritkan banyak wanita yang menjaga berat badannya.

5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Sendiri 1 - aice

4/ Ciptakan peluang kerja
Untuk meraih keuntungan saat berbisnis, Anda perlu dukungan dari tim yang hebat. Termasuk, tim yang akan mendistribusikan produk dagangan Anda. Hal ini bisa Anda mulai dari orang-orang di sekitar Anda, baik individual maupun toko-toko kecil yang berpotensi menjangkau masyarakat secara langsung. Tindakan ini sekaligus dapat membantu orang-orang yang butuh pekerjaan atau meningkatkan pendapatan toko melalui produk Anda.

5/ Momen berbagi
Saat menjalankan bisnis sendiri, pastikan Anda memiliki bujet untuk kegiatan sosial. Misalnya, Anda dapat membagi-bagikan produk ke area perumahan. Manfaatkan momen spesial seperti saat Ramadan lalu, Aice membagikan brosur kepada warga yang bisa ditukarkan dengan es krim Aice di toko-toko terdekat. Misalnya, Anda dapat membagi-bagikan voucher atau produk ke area perumahan dekat Anda tinggal. Manfaatkan momen spesial untuk berbagi atau mengadakan promo menarik untuk memanjakan konsumen Anda. Dekat dengan konsumen akan menjadi poin plus untuk membuat orang-orang mencinta merek dan produk Anda.

Pada poin ini kita bisa belajar dari AICE. Memanfaatkan momen Ramadan 2016 dan 2017 lalu, AICE membagikan es krim gratis kepada masyarakat di sekitar outlet. Seperti saat ini saja, AICE juga meluncurkan promo menarik, setiap pembelian satu AICE Mango Slush Low-Fat, bisa mendapatkan satu es krim AICE Chocolate stick dan satu AICE Nanas stick secara cuma-cuma. Hal ini rupanya upaya AICE membantu meningkatkan usaha kecil dan sebagai ungkapan terima kasih AICE kepada masyarakat.

5 Strategi Sukses Memasarkan Bisnis Sendiri 2 - aice

Ingatlah, berbisnis tidak melulu tentang menghasilkan uang, tapi juga memberikan manfaat untuk orang lain. Dengan adanya dua hal ini, ke depannya bisnis yang Anda jalankan akan makin berkembang.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *