Strategi Alpen Food mencuil pasar es krim lewat merek Aice - AICE

aice.co.id – Strategi Alpen Food mencuil pasar es krim lewat merek Aice – Tingkat konsumsi es krim yang masih terbilang rendah di Indonesia membuat perusahaan es krim berlomba-lomba mengambil ceruk pasar yang manis ini. Salah satunya, PT Alpen Food Industry (AFI), produsen es krim merek Aice.

Sylvana, Brand Manager Aice menjelaskan, peluang pasar es krim di Indonesia cukup potensial. Indikatornya dari penjualan yang meningkat hingga 260% di periode 2016-2017. Padahal produksi baru dimulai pada 2015. “Tahun ini kami harap bisa lebih lagi,” kata Sylvana, Senin (15/1).

Salah satu keunggulan yang dimiliki menurutnya dari harga yang terjangkau. Memang rata-rata harga es krim hanya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Hal ini jadi upaya untuk menyasar segala segmen usia.

“Kami punya tim Research and Development (R&D), kemampuan produksi efisien dan jaringan distribusi yang baik sehingga bisa memberi hasil harga jual tersebut,” katanya.

Sebagai bagian dari Aice Group Holdings Pte. Ltd yang terdaftar di Singapura, Aice pun berencana untuk ekspansi kapasitas produksi. Semester II-2018 akan segera meresmikan pabrik baru di Surabaya, Jawa Timur. “Ini supaya bisa mendekatkan area Indonesia timur,” katanya.

Tenaga kerja dan kapasitas pabrik menurutnya akan lebih besar dari pabrik lama. Saat ini mereka punya pabrik di Bekasi, Jawa Barat dengan jumlah tenaga kerja sekitar seribu orang. Kapasitas produksi bisa mencapai 5 juta batang es krim per hari di pabrik Bekasi.

Selain itu jaringan distribusi outlet akan diperbanyak. Saat ini Aice punya 80.000 jaringan outlet di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, area Jakarta punya jaringan sekitar 12.000 sampai 15.000 outlet.

Kerja Sama Aice dengan UMKM

Pihaknya juga menggandeng tiap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa bekerja sama. “Tentu tiap outlet akan diseleksi oleh masing-masing distributor di tiap daerah,” tambahnya. Saat ini sudah ada sekitar 100 distributor di tiap kota besar Indonesia.

Ditambah lagi akan menambah 3 produk baru. Melengkapi 20-an jenis produk yang sudah dipasarkan. Ini sebagai momentum Asian Games 2018 yang juga disponsori oleh Aice. “Kami akan meluncurkan es krim less sugar dan low fat,” pungkasnya.

Sementara, mengenai masalah kasus dengan Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) menurutnya sudah selesai. Menurutnya mediasi dengan Disnaker Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, serta Serikat Buruh Kerja Bekasi juga tuntas secara mediasi.

“Kami menegaskan bahwa kami sudah menaati aturan tenaga kerja yang berlaku dan per 6 November lalu,” jelas Sylvana.

Sekadar informasi, akhir tahun lalu sebanyak 664 buruh PT Alpen Food Industry melakukan aksi mogok kerja untuk menuntut pemenuhan kesejahteraan di tempat kerja mereka. Aice dianggap menyalahi aturan ketenagakerjaan di antaranya karena mempekerjakan buruh untuk bagian produksi dari penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing).

TAGS:

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *